Panduan Kerja Praktek (PKL) 2018

A. Definisi

Kerja Praktek (PKL) merupakan  mata kuliah wajib yang dilaksanakan pada semester ganjil (V) pada jenjang Pendidikan Diploma III Program Studi Manajemen Informatika AMIK Labuhanbatu. Kerja Praktek merupakan kegiatan yang dilakukan diluar kampus. Kerja Praktek ini diharapkan menjadi bahan untuk menyusun Tugas Akhir nantinya. Kerja Praktek adalah bagian dari beban studi  yang harus diikuti setiap  mahasiswa dalam rangka penyelesaian studi. Kerja Praktek merupakan tugas yang dilakukan diluar kampus yaitu di berbagai perusahaan/instansi baik di swasta maupun pemerintah yang telah ditentukan sebelumnya  dan bersedia menerima mahasiswa Kerja Praktek.

Laporan Kerja Praktek adalah karya tulis ilmiah berdasarkan pengalaman dan pengamatan mahasiswa di instansi pemerintah/swasta, yang disusun oleh seorang mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya pada AMIK Labuhanbatu. Pengalaman dan pengamatan adalah keseluruhan kegiatan mahasiwa baik dalam bentuk pikiran maupun kegiatan lapangan dalam menyelesaikan tugas praktek dan menimba pengalaman di lapangan, sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan yang diterima.

Dalam penulisan laporan, metode yang digunakan adalah dengan metode atau pendekatan deskriptif, artinya laporan yang dibuat harus mampu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek serta subjek yang diteliti secara tepat. Penulis harus mampu meneliti, mengolah data, menganalisis, membahas, dan menginterpretasikan  suatu permasalahan secara teratur dan sistematis, ditutup dengan kesimpulan dan pemberian saran sesuai kebutuhan.

Melalui pelaksanaan Kerja Praktek ini diharapkan para mahasiswa  akan semakin mengetahui dan memahami dunia kerja yang beragam situasi serta kondisi riil diluar kampus. Selanjutnya dengan membandingkan situasi dan kondisi riil tersebut dengan ilmu/teori yang diterima dikampus, diharapkan para siswa dapat memetik  pelajaran  dan pengalaman yang bermanfaat kelak dalam menghadapi dunia kerja.

B. Tujuan

Memberikan pengalaman kerja dibidang informatika kepada mahasiswa dalam rangka menerapkan atau membandingkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya  di  dalam  perkuliahan  atau praktikum  dengan  situasi  nyata di tempat Kerja Praktek dan mampu menyajikan hasil-hasil pengalaman dan pengamatannya secara ilmiah yang berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk karya tulis ilmiah.

C. Manfaat

Setelah mengikuti Kerja Praktek ini diharapkan mahasiswa dapat:

  1. Mengenali dan mengetahui kebutuhan pekerjaan di tempat Kerja Praktek.
  2. Menyesuaikan dan bisa menyiapkan diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah mereka menyelesaikan studinya.
  3. Mengetahui serta melihat secara langsung penggunaan atau peranan teknologi informasi dan komunikasi di tempat Kerja Praktek.Mampu membuat karya tulis ilmiah berbentuk Laporan Kerja Praktek.
  4. Menggunakan hasil atau data-data Kerja Praktek untuk dikembangkan menjadi Tugas Akhir.

D. Karakteristik Laporan Kerja Praktek

Laporan Kerja Praktek yang disusun mahasiswa harus:

  1. Merupakan hasil karya asli, bukan jiplakan baik sebagian atau keseluruhan.
  2. Mempunyai manfaat praktis dan teoritis.
  3. Sesuai dengan kaidah kaidah keilmuan.
  4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku.

E. Persyaratan Mengikuti Kerja Praktek

Untuk dapat melaksanakan kegiatan Kerja Praktek ini, seorang mahasiswa harus mememenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Minimal sudah mengikuti perkuliahan selama 4 (empat) semester dan telah menjalanai keseluruhan mata kuliahnya.
  2. Telah membayar biaya perkuliahan (SPP) pada semester 5 (V).
  3. Sudah pernah menempuh mata kuliah Metode Penelitian.
  4. Terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa pada semester yang berjalan (Semester V).
  5. Sanggup melaksanakan Kerja Praktek sesuai dengan waktu yang ditetapkan (1 bulan) tanpa terputus atau berhenti sebelum waktunya.
  6. Membayar biaya Kerja Praktek sesuai dengan ketentuan.

F. Prosedur dan Pelaksanaan Kerja Praktek

  1. Mahasiswa mengajukan Surat Permohonan Kerja Praktek kepada Ketua Program Studi melalui staf BAAK (Ridho) di biro akademik.
  2. Mahasiswa menentukan dan mencari sendiri tempat Kerja Praktek yang akan dilaksanakan, baik di instansi swasta maupun pemerintah.
  3. Ketua Program Studi melalui Direktur I Bidang Akademik mengeluarkan Surat Pengantar Pengajuan Kerja Praktek.
  4. Setelah mahasiswa yang bersangkutan diterima dan mendapat surat balasan dari instansi yang dituju, mahasiswa melaporkannya ke staff BAAK (Ridho) untuk didata.
  5. Ketua Program Studi atau Dosen Pembimbing akan mendampingi mahasiswa yang akan melakukan PKL pada hari pertama untuk serah terima dengan pimpinan perusahaan/instansi tempat mahasiswa PKL.
  6. Kerja praktek dilaksanakan di bulan Juli-Agustus selama 1 (satu) bulan selambat-lambatnya dimulai pada tanggal 1 Agustus 2018 dan berakhir selambat-lambatnya 31 Agustus 2018
  7. Kerja Praktek hanya boleh dilaksanakan maksimal 5 orang per instansi.
  8. Penentuan tema atau topik penelitian serta judul Laporan Kerja Praktek harus berbeda satu sama lain walaupun dalam instansi yang sama.
  9. Mahasiswa wajib menyusun laporan sesuai dengan format yang ditentukan diperiksa dan disetujui oleh Dosen Pembimbing Kerja Praktek

G. Penilaian

  1. Nilai akhir mahasiswa Kerja Praktek ditentukan berdasarkan penilaian dari Dosen Pembimbing Kerja Praktek maupun dari perusahaan atau instansi tempat Kerja Praktek dilaksanakan dengan ketentuan sebesar 50% penilaian laporan dan 50% penilaian dari perusahaan atau instansi.
  2. Penilaian harus berdasarkan Laporan Kerja Praktek yang diterima oleh Dosen Pembimbing dengan wajib melampirkan:
    1. Fotocopy slip pembayaran Biaya PKL yang sudah ditandatangani Ka.BAAK (Ernita).
    2. Surat balasan dari perusahaan yang menyatakan mahasiswa sudah diterima PKL ditempat yang diajukan.
  3. Rekapitulasi nilai akhir disusun oleh Dosen Pembimbing Kerja Praktek dan diserahkan kepada Ketua Program Studi paling lambat 1 bulan setelah Kerja Praktek dilaksanakan.
  4. Form penilaian dari instansi atau perusahaan harus ditulis manual dengan pena, ditandatangani oleh pembimbing dari instansi atau perusahaan, dan dibubuhi stempel perusahaan.
  5. Tugas Akhir dapat dilaksanakan apabila mahasiswa telah melaksanakan Kerja Praktek dan lulus dengan nilai minimal C.

BUKU PEDOMAN KERJA PRAKTEK 2015

Share Berita Ini:
Facebook
Google+
http://amik-labuhanbatu.ac.id/2018/06/28/panduan-kerja-praktek-pkl-2018/
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *