Prosedur dan Tata Tertib Sidang Tugas Akhir Tahun 2018

Sesuai dengan Revisi Kalender Akademik AMIK Labuhanbatu tahun 2017-2018 yaitu batas waktu Pendaftaran Sidang Tugas Akhir yaitu tanggal 4-11 Juli 2018 dan Pelaksanaan Sidang Tugas Akhir dimulai tanggal 16-25 Juli 2018, adapun prosedur, persyaratan, dan tata tertib untuk mengikuti Sidang Tugas Akhir adalah sebagai berikut:

A. Persyaratan dan Prosedur

  1. Mengisi formulir Pendaftaran Sidang Tugas Akhir baik dari mahasiswa Kampus I dan II paling lambat Rabu 11 Juli 2018 jam 17.00 melalui staf BAAK (sdr Ridho).
  2. Telah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan tidak ada nilai E dan D.
  3. Melampirkan KHS Semester 1 sampai Semester 5.
  4. Melampirkan 1 (satu) rangkap Tugas Akhir lengkap mulai dari halaman cover sampai lampiran.
  5. Melampirkan fotocopy Kartu Bimbingan Pembimbing 1 dan Pembimbing 2 yang telah menyelesaikan bimbingan minimal masing-masing sebanyak 5 kali bimbingan dan sudah disetujui oleh Pembimbing 1 dan Pembimbing 2 untuk maju sidang (pembimbing acc keseluruhan/print bersih).
  6. Melampirkan fotocopy slip pembayaran Bimbingan dan Sidang Tugas Akhir sebesar Rp1.000.000,-
  7. Melampirkan Surat Bebas Tunggakan Administrasi Keuangan yang dikeluarkan oleh KaBiro Keuangan Y-ULB (Kampus I Ibu Zainab/Kampus II Ibu Ade).
  8. Melampirkan 2 lembar foto berwarna ukuran 3×4 dengan latar belakang orange dan 4 lembar foto hitam putih ukuran 4×6 (terbaru dan diberi nama dibelakang) dengan ketentuan:
    • Harus foto studio
    • Bagi laki-laki menggunakan jas lengkap, dasi, dan kemeja putih
    • Bagi Perempuan menggunakan kebaya lengkap (riasan kartini)
  9. Melampirkan buku sumbangan pustaka sebanyak 5 (lima) buah dengan tahun terbit 2013 keatas. Buku sumbangan harus bertema komputer/informatika/internet.
  10. Melampirkan Surat Keterangan Bebas Peminjaman Buku Perpustakaan yang ditandatangani oleh Kepala Perpustakaan.
  11. Fotocopy ijazah SMA.
  12. Hardcopy artikel journal TA dengan jumlah halaman 10-20 halaman (softcopy diberikan ketika sidang/ke pembimbing) dengan aturan penulis pertama adalah mahasiswa, penulis kedua adalah dosen pembimbing satu, dan penulis ketiga adalah dosen pembimbing dua (format terlampir).
  13. Seluruh berkas dimasukkan ke map berwarna biru untuk mahasiswa kampus I (Rantauprapat) dan berwarna merah untuk mahasiswa kampus 2 (Kota Pinang) dengan menuliskan nama dan NIM di cover map.
  14. Seluruh berkas pendaftaran harus dikumpulkan ke Biro Akademik (Staf BAAK) Kampus I Rantauprapat (sdr Ridho) sesuai dengan tanggal yang ditetapkan.
  15. Pelanggaran akan ketentuan dan persyaratan ini akan bisa dikenai sanksi penundaan atau pembatalan Sidang Tugas Akhir mahasiswa yang bersangkutan

B. Tata Tertib Peserta

  1. Persyaratan Akademik:
    • Terdaftar sebagai mahasiswa pada Tahun Akademik 2016-2017.
    • Tidak memiliki nilai D dan E pada transkrip nilai.
    • Telah mengisi formulir pendaftaran sidang tugas akhir beserta lampirannya dan telah ditandatangani oleh Ka.Prodi dan diperiksa oleh staf BAAK.
  2. Waktu Pelaksanaan:
    • Ujian Sidang Tugas Akhir akan dilaksanakan mulai tanggal 16-25 Juli 2018
    • Ujian Sidang Tugas Akhir berlangsung selama 45 menit dengan alokasi waktu:
      1. 5 menit pembukaan oleh Ketua Tim Penguji
      2. 10 menit presentasi oleh mahasiswa
      3. 30 menit sesi tanya jawab dengan Tim Penguji
  3. Peserta Ujian berkewajiban:
    • Hadir 15 menit sebelum jadwal yang telah ditetapkan
    • Bagi pria berpakaian jas formal dengan kemeja putih menggunakan dasi serta sepatu dan celana hitam formal
    • Bagi wanita menggunakan pakaian kebaya nasional
    • Mengisi daftar hadir dan absensi peserta
    • Bersikap santun, sopan, dan menjaga tata krama di dalam ruangan sidang
    • Membawa draft Tugas Akhir sebanyak 4 rangkap
    • Membawa slide presentasi dan laptop sendiri
    • Mematuhi tata tertib sidang tugas akhir
  4. Penilaian:
    1. Tim penguji akan memberikan penilaian secara terperinci kepada peserta ujian dengan komponen sebagai berikut:
      1. Isi atau materi Tugas Akhir (35%), mencakup orisinilitas, kekinian tema, kesesuaian penggunakan metode, dan evaluasi program.
      2. Penguasaan substansi materi dan tanya jawab (40%), termasuk pengujian teori tentang dasar-dasar ilmu informatika.
      3. Penyajian materi dan Performa (25%), meliputi kreatifitas dan kemenarikan penyajian dalam presentasi, kerapian, attitude, dan cara penulisan Tugas Akhir
    1. Nilai akhir dari tim penguji masing-masing akan disatukan dalam bentuk nilai angka. Ketentuan nilai mutu (huruf) mengikuti standar nilai mutu yang berlaku pada AMIK Labuhanbatu.
    2. Nilai akhir yang kurang dari standar nilai mutu yaitu kurang dari 40 atau bernilai huruf D akan diberikan kesempatan mengulang sidang sebanyak 1 (satu) kali pada jadwal yang ditetapkan kemudian. Apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak mampu juga melewati standar nilai mutu yang sudah ditetapkan, mahasiswa tersebut akan mengulang sidang pada tahun akademik yang baru.
    3. Nilai ujian/sidang Tugas Akhir merupakan nilai pada saat ujian/sidang dilaksanakan. Perbaikan atau revisi yang ada, bisa dilakukan setelah ujian berlangsung tanpa mempengaruhi nilai ujian. Perbaikan yang diminta, harus sudah selesai paling lambat 1 minggu setelah ujian dilaksanakan. Perbaikan yang telah dilakukan dibuktikan dengan mendapatkan tanda tangan Ketua Tim penguji pada saat sidang. Perbaikan/revisi yang tidak dilakukan akan membatalkan nilai sidang.
    4. Peserta yang tidak mengikuti seluruh rangkaian jalannya sidang dinyatakan gagal oleh tim penguji.
    5. Penilaian dan Kelulusan Peserta akan langsung diumumkan pada hari dimana ujian dilaksanakan
    6. Peserta yang terbukti plagiat atau tidak mampu membuktikan bahwa Tugas Akhir yang dibuat merupakan hasil karya/penelitian sendiri, maka akan dinyatakan gagal oleh tim penguji.

C. Penutup

Persyaratan, prosedur, dan tata tertib ini wajib diperhatikan bagi para peserta ujian. Pelanggaran atas peraturan dan jadwal yang telah ditetapkan dikenai sanksi untuk sidang ulang tahun depan.

Ditetapkan di: Rantauprapat

Tanggal          : 6 Juni 2018

dto

Ketua Program Studi 

Form Pendaftaran Sidang

Template Jurnal Mhs(1)

Contoh Foto:

 

Share Berita Ini:
Facebook
Google+
http://amik-labuhanbatu.ac.id/2018/06/06/prosedur-dan-tata-tertib-sidang-tugas-akhir-tahun-2018/
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *