Penerimaan Beasiswa BIDIKMISI Tahun 2017

Beasiswa BIDIKMISI adalah Program Bantuan Biaya Pendidikan Penuh (full scholarship/sampai tamat) bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi pada Program Studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi akan tetapi memiliki potensi akademik yang baik.

Adapun sasaran program ini adalah lulusan satuan pendidikan tingkat SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat pada tahun 2016 dan 2017 yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.

Untuk Tahun Akademik 2017/2018, AMIK Labuhan Batu membuka seleksi calon penerima Beasiswa BIDIKMISI dengan jumlah kuota yang akan ditetapkan adalah sebanyak 3 (tiga) orang, pada Program Studi Manajemen Informatika – Terakreditasi “B” dengan persyaratan:

A. Persyaratan Calon Penerima

Persyaratan untuk mendaftar pada tahun 2017 adalah:

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    1. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    2. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar 3 juta/bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000/bulan.
  5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah.

B. Jangka Waktu Pemberian

Jangka waktu pemberian Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima BIDIKMISI di AMIK Labuhan Batu yaitu maksimal selama VI Semester (3 Tahun).

C. Komponen Pembiayaan

Komponen atau jenis dana bantuan biaya pendidikan yang akan diberikan dan penggunaannya adalah:

  1. Biaya Pendaftaran
  2. Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi maksimal sebesar Rp2.400.000 (Dua juta empat ratus ribu rupiah) per-mahasiswa per-semester.
  3. Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa sebesar Rp3.900.000 (Tiga juta sembilan ratus ribu rupiah) per mahasiswa per semester.
  4. Biaya Pengelolaan Bidikmisi diberikan ke perguruan tinggi sebesar Rp600.000,00 per mahasiswa,

D. Penyaluran Dana

Dana BIDIKMISI akan disalurkan melalui mekanisme:

  1. Diberikan setiap triwulan, pada bulan September dan Desember untuk semester ganjil dan pada bulan Maret dan Juni untuk semester genap.
  2. Melalui Rekening Perguruan Tinggi untuk biaya penyelenggaraan pendidikan dan biaya pengelolaan.
  3. Melalui Rekening Mahasiswa untuk bantuan Biaya Hidup.

E. Penghentian Bantuan

Pemberian bantuan dapat dihentikan apabila mahasiswa penerima:

  1. Meninggal dunia
  2. Cuti
  3. Drop Out
  4. Non Aktif
  5. Mengundurkan diri
  6. Transfer ke kampus lain
  7. Memberikan data yang tidak benar
  8. Belum lulus setelah melewati masa studi yang telah ditetapkan
  9. Melanggar peraturan akademik/non akademik
  10. Indeks Prestasi (IP)/Semester rendah (dibawah 2,75/semester)

F. Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara onlie pada laman bidikmisi (http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/) adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Secara Daring (Online)
    1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan)  untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
    2. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;
    3. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
    4. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
    5. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.
    6. Siswa kemudian melakukan pendaftaran melalui Seleksi Mandiri PTS dengan memilih AMIK Labuhan Batu Program Studi Manajemen Informatika.
  2. Pendaftaran Langsung (Off-line)
    1. Calon mengisi formulir yang terdapat di dalam lampiran Buku Pedoman Bidikmisi 2017, dan selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah.
    2. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi (Lampiran 2), formulir pendaftaran (Lampiran 3) berserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif kepada masing-masing Rektor/Direktur/Ketua PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri sesuai pilihan calon. Surat pengantar rekomendasi diberi keterangan perihal surat tentang Pendaftaran Bidikmisi 2017.
    3. Berkas yang harus dilampirkan, meliputi:
      1. Formulir pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi;
      2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
      3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
      4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
      5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
      6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
      7. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
      8. Bagi yang belum memenuhi syarat butir 7 diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali Bermaterai atau Surat Keterangan Tidak
        Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa / Kepala Dusun/Instansi terkait;
      9. Fotokopi Kartu Keluarga ;
      10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik).

G. Proses Seleksi

Proses seleksi akan dilakukan sesuai dengan Standar Nasional Seleksi BIDIKMISI berdasarkan Buku Panduan BIDIKMISI Tahun 2017 dengan memprioritaskan pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Calon penerima harus bersedia dilakukan kunjungan ke rumah oleh Panitia Seleksi BIDIKMISI AMIK Labuhan Batu 2017 untuk proses verifikasi.

H. Tanggal Penting

Berikut tanggal penting yang harus dicermati oleh calon penerima:

  • 1 Agustus – Pengumuman Penerimaan BIDIKMISI AMIK Labuhan Batu 2017.
  • 1-26 Agustus – Pendaftaran Calon Mahasiswa BIDIKMISI Secara Online dan Offline.
  • 28 – 31 Agustus – Proses seleksi, verifikasi berkas, dan kunjungan ke rumah calon mahasiswa
  • 1 September – Penetapan Penerima BIDIKMISI Tahun 2017

I. Penutup

Seluruh proses seleksi dan penetapan calon penerima Beasiswa BIDIKMISI AMIK Labuhan Batu Tahun 2017 merupakan hak mutlak dari Panitia Seleksi dan tidak bisa diganggu gugat. Untuk informasi dan pertanyaan bisa menghubungi kami pada email info@amik-labuhanbatu.ac.id atau Bagian Kemahasiswaan Bpk. Ibnu Rasyid Munthe, S.Kom.,M.Kom – 0853 6121 4955

Share Berita Ini:
Facebook
Google+
http://amik-labuhanbatu.ac.id/2017/08/01/penerimaan-beasiswa-bidikmisi-tahun-2017/
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *